BALIKPAPAN, SWARAREPUBLIKA.com – SMAN 7 Balikpapan Timur menerima kunjungan dari beberapa Tim Bank Indonesia untuk memberikan sosialisasi kepada seluruh peserta Didik tentang Bagaimana mengenal mata Uang Rupiah dan merawat mata uang Rupiah.

Jumat (22/7/2022) – Kunjungan Tim Bank Indonesia diterima langsung oleh Kepala SMAN 7 Balikpapan Timur Muryanto S.Pd. M.Pd, dengan didampingi wakil kepala sekolah bagian kesiswaan Yudho Prasetyo S.Pd. Kegiatan Road show Bank Indonesia digelar di lapangan sekolah SMAN 7 Balikpapan Timur yang diikuti seluruh peserta didik. Dimulai dengan mengenalkan CBP yaitu Cinta, Bangga, Paham Rupiah. Pengedukasian ini sangat penting untuk disosialisasikan keseluruh peserta didik.

Diawali dengan Cinta sehingga diwujudkan menjadi 3 diantaranya mencintai dengan mengenal rupiah, mencintai dengan merawat rupiah dan mencintai dengan menjaga rupiah.

Masyarakat yang baik harus bisa mengenali karakteristik ciri ciri dari rupiah itu sendiri yaitu mencantumkan pahlawan , mencantumkan keindahan alam, mencantumkan adat kebudayaan kedalam mata uang rupiah.

Kemudian Bagaimana dengan merawat rupiah dan memperlakukan rupiah secara tepat dengan cara 5 Jangan : jangan dilipat, jangan dicoret.Jangan distaples, jangan diremes dan jangan dibasahi. Untuk mengetahui keaslian rupiah dengan cara menjaga dan merawatnya maka ciri ciri rupiah akan mudah di kenali. Dengan ciri ciri inilah untuk menghindari adanya pemalsuan rupiah.

Pemalsuan rupiah adalah tindakan kriminal yang sudah diatur dalam undang undang no 7 tahun 2011 yaitu mengatur mengenai macam, harga, desain, bahan baku, pengelolaan dll. Termasuk dengan Undang undang no 20 Tahun 2008 tentang Bank Indonesia dimana lembaganya memiliki hak tunggal.

Menggunakan Rupiah di setiap transaksi adalah hal yang bangga. “Maka dengan menggunakan Rupiah pada setiap transaksi, maka kita sudah ikut membantu menjaga kestabilan nilai tukar Rupiah dan membangun kepercayaan dunia pada Rupiah”. Paham Rupiah ditunjukkan dengan memahami fungsi Rupiah sebagai nilai tukar dan cara mengelolanya.

Misalnya dengan bertransaksi dan berbelanja dengan bijak, berhemat, dan berinvestasi. Demi terjaganya rupiah untuk menghindari adanya pemalsuan maka cukup dengan cara 3D dilihat, diraba dan diterawang.

Kepala SMAN 7 Balikpapan Timur Muryanto S.PD.M.Pd menyampaikan sosialisasi pengenalan rupiah disekolah sangat bermanfaat bagi seluruh siswa untuk menambah ilmu pengetahuan dalam artian untuk meningkatkan kecintaan anak anak Indonesia terhadap mata uang rupiah, jelasnya.

Yudho Prasetyo S.pd selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan menambahkan road show Bank Indonesia yang dilaksanakan di SMAN 7 Balikpapan Timur adalah sebuah pencerahan tentang betapa pentingnya sebagai anak bangsa Indonesia dalam mengenali mata uang rupiah itu sendiri.

Rupiah adalah alat penukaran yang sah milik Negara Republik Indonesia, sebagai anak Indonesia Kita Harus Bangga dan harus memahami pentingnya dalam memanfaatkan rupiah itu sendiri, Pungkasnya

Cinta Rupiah Road show Bank Indonesia Ke SMAN 7 Balikpapan Timur – Situs Web SMAN 7 Balikpapan
Preaload Image

Cinta Rupiah Road show Bank Indonesia Ke SMAN 7 Balikpapan Timur

This shortcode LP Profile only use on the page Profile

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *