Ajang pemilihan Duta Wisata bukan ajang memamerkan kecantikan dan ketampanan belaka melainkan ajang mengasah pengetahuan terutama dibidang pariwisata.

Pasalnya, duta wisata ini mempunyai peran penting untuk mengenalkan dan memajukan suatu daerah melalui pariwisata.

Melalui Duta Wisata Manuntung Kota Balikpapan tahun 2022, Kota Balikpapan dapat dikenal masyarakat luas baik Nasional maupun Internasional.

Diharap, duta wisata dapat bersinergi bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk bisa memperkenalkan Kalimantan Timur (Kaltim) khususnya Balikpapan.

Sebanyak 24 para finalis Duta Wisata Manuntung berkunjung ke Kantor Pemkot Balikpapan untuk bertemu langsung dengan Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud. Kehadirannya, disambut baik oleh Wali Kota Balikpapan di Ruang Rapat dI Kantor Pemkot Balikpapan, Senin (7/3/2022).

Wali Kota Balikpapan mengingatkan agar para Duta Wisata Manuntung harus dapat berinovasi, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi Kota Balikpapan khususnya dibidang pariwisata.

Tak hanya itu, pentingnya memperdalam sejarah Kalimantan Timur (Kaltim) khususnya Kota Balikpapan

“Anda harus pahami kultur, budaya adat istiadat Kota Balikpapan. Itu harus dikuasai. Bagaimana sejarah peradaban kita. Anda banyak berinteraksi dengan sesepuh Kota Balikpapan untuk lebih mendalami. Ini (sejarah) yang kalian tidak dapat di bangku sekolah atau kuliah,” ucapnya.

Apalagi Kota Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) tentunya anak-anak Kota Balikpapan harus mempunyai Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal untuk mampu bersaing.

Jangan sampai kita menjadi penonton. Kita bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait selalu mensosialisasikan agar anak-anak Kota Balikpapan dapat berinovasi, sehingga mampu bersaing. Kita harus persiapkan diri dari sekarang seperti yang dilakukan duta wisata ini,” ujarnya.

Selain itu menurut Wali Kota, selain pengetahuan yang baik, adab atau akhlak yang baik juga tak kalah penting. Pasalnya, anak yang beradab itu mengalahkan anak pintar.

“Kita ingin memperlihatkan kepada Bangsa Indonesia, bahwa anak-anak Kota Balikpapan adalah anak-anak yang beragama dan mempunyai karakter yang mampu memanfaatkan potensi yang ada didalam diri kita,” paparnya.

Kesempatan menjadi duta wisata ini merupakan peluang untuk menyalurkan bakat yang dimiliki. Ia juga berharap mereka mampu membawa dan mengenalkan Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan baik di kancah nasional maupun internasional.

“Berbuatlah sebaik-baiknya. Berbuat baik itu biasa tapi menjadi yang terbaik itu luar biasa,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan Agus Budi Prasetyo menyampaikan, ada 136 orang yang mendaftar sebagai peserta Duta Wisata Manuntung Kota Balikpapan tahun 2022. Namun, yang memenuhi persyaratan administrasi berjumlah 100 orang. Alhamdulillah Asadel Dzaky lolos 24 besar.

Selanjutnya dilakukan seleksi menjadi 24 orang yang terbagi 12 laki-laki dan 12 perempuan. “Ini ada seleksi lagi, pada waktu seleksi ada penilaian-penilaian dan yang terpilih hanya 19 orang yakni delapan putra dan delapan putri ditambah satu putri pariwisata,” pungkasnya.

Pemilihan Duta Wisata akan berlangsung di Gedung Kesenian pada tanggal 12 Maret 2022 melalui Hybrid. Sebelumnya para finalis akan melakukan karantina di Hotel Maxone sejak tanggal 10-12 Maret 2022.

Pada tanggal 12 Maret 2022 jam 18.00 Wita bertempat di Gedung Kesenian Balikpapan di buka pagelaran Grand Final Finalis Duta Wisata Manuntung Kota Balikpapan, mulai dari penampilan lagu-lagu, tari kreasi Borneo yang luar bisa dan dilanjutkan unjuk penampilan dari 24 Duta Wisata, selanjut dan pengumum 6 besar laki-laki dan 6 besar perempuan, Alahamdulillah Asadel Dzaky masuk nominasi 6 besar tersebut. Setelah itu dilakukan uji kemampuan wawasan pengetahuan budaya dan wisata Kota Balikpapan setiap duta satu persatu dengan situasi yang menegangkan para peserta dengan diberi satu pertanyaan oleh tim penilai.

Sambil menunggu pengumuman gelar atribut, duta 1,2 dan 3 serta gelar putri Manuntung kegiatan disuguhkan tari kreasi Borneo Kalimantan dengan penampilan yang heroik dan mengagumkan para tamu undangan, setelah itu di lanjutkan dengan pemilihan gelar atribut Duta Wisata Manuntung Kota Balikpapan satu persatu diumumkan, Alhamdulillah siswa SMA Negeri 7 Balikpapan atas nama Asadel Dzaky terpilih Best Performance Duta Wisata Manuntung 2022.

Seluruh komponen SMAN 7 Balikpapan mulai Kepala sekolah, Bpk/Ibu Guru, staf Administrasi, Staf keamanan dan kebersihan, komite kelas dan Komite Sekolah mengucakpan selamat buat Asadel Dzaky atas preastasi tersebut, Semoga momen ini sebagai pemicu buat siswa(i) yang lain untuk berprestasi yang lebih tinggi, Smanju : Relegius, Cerdas Berprestasi (Redaksi : Kepsek-smanju)

PERJALANAN ASADEL DZAKY SISWA SMAN 7 BALIKPAPAN MERAIH PRESTASI GELAR BEST PERFORMANCE DAN  6 BESAR DUTA WISATA MANUNTUNG KOTA BALIKPAPAN 2022 – Situs Web SMAN 7 Balikpapan
Preaload Image

PERJALANAN ASADEL DZAKY SISWA SMAN 7 BALIKPAPAN MERAIH PRESTASI GELAR BEST PERFORMANCE DAN  6 BESAR DUTA WISATA MANUNTUNG KOTA BALIKPAPAN 2022

This shortcode LP Profile only use on the page Profile

    1 Comment

  1. User Avatar
    Rizky
    16 Maret 2022
    Balas

    Hebat ternyata anak2 Smanju, semoga tetap semangat untuk menjadi sang juara 1 Pemilihan Duta Wisata Manuntung Kota Balikpapan di tahun 2023

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *