INILAH KIAT-KIAT SMA NEGERI 7 BALIKPAPAN MENUJU KOMPETISI SAINS NASIONAL TINGKAT KOTA BALIKPAPAN (KSN-K), KSN-P DAN KSN-N

KSN adalah ajang Kompetisi Sains bagi pelajar SMA di seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional. Sebelum berganti nama di tahun 2020, KSN dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN). Perubahan ini terjadi setelah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim, mendirikan Pusat Prestasi Nasional yang menaungi seluruh pelaksanaan lomba, kompetisi, dan festival di Indonesia, guna meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan ruang aspirasi serta apresiasi untuk pelajar dalam mewujudkan talenta emas Indonesia.

Tim KSN SMA Negeri 7 Balikpapan

Kompetisi Sains Nasional (KSN) diharapkan dapat meningkatkan mutu peserta didik dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mendukung tercapainya pemerataan prestasi. Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pemerataan prestasi, kompetisi sains telah memiliki posisi khusus di berbagai ajang bergengsi di kancah internasional dalam penguasaan bidang sains dan teknologi

Melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang, diharapkan dapat membangun ruang untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan tercapainya puncak potensi terbaik.

Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukkan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi dan siap berkompetisi mewakili Indonesia pada tingkat internasional.

Bidang Sains yang dilombakan pada Jenjang SMA/MA:

Tahapan pelaksanaan KSN terdiri atas:

  1. Tahapan seleksi tingkat sekolah disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah (KSN-S)
  2. Tahapan seleksi tingkat kabupaten/kota disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K)
  3. Tahapan seleksi tingkat provinsi disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P)
  4. Tahapan seleksi tingkat nasional disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional (KSN).
LOGO MASING-MASING KSN

PERSYARATAN PESERTA KSN-S 2022

 A. Persyaratan Umum

1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan dokumen resmi seperti Kartu Pelajar/KTP/SIM/Paspor.

2. Berminat dan memenuhi syarat minimal pengetahuan yang dinyatakan dalam bentuk nilai dari bidang sains yang dipilih.

3. Mendapat persetujuan dari orang tua/wali, dan bila peserta memiliki kebutuhan khusus berkaitan dengan kesehatan harus mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang.

4. Setiap peserta didik hanya dapat mengikuti salah satu bidang sains dan diusulkan oleh Kepala Sekolah berdasarkan hasil seleksi tingkat sekolah.

5. Belum pernah meraih medali emas KSN jenjang SMA di bidang sains yang sama.

6. Belum pernah mengikuti kompetisi sains tingkat internasional jenjang SMA di bidang sains yang sama

7. Peraih medali KSN bersedia mengikuti pembinaan ke tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

8. Untuk beberapa bidang sains, peserta didik yang pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional dapat langsung mengikuti KSN dengan merujuk kepada persyaratan khusus sesuai pada bidang sains masing-masing.

9. Untuk peserta yang mengalami pindah sekolah ke kabupaten/kota dan/atau provinsi lain, status kepesertaannya tetap didasarkan pada surat keputusan Dinas Pendidikan Provinsi sebelumnya.

10. Memiliki nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran dan memiliki sikap yang baik.

11. Mampu mengoperasikan komputer

12. Tidak terlibat dan/atau memakai narkoba dibuktikan dengan surat keterangan dari pejabat yang berwenang (Kepala Sekolah).

B. Persyaratan Khusus Peserta

1. Matematika

a. Peserta didik SMP/MTs kelas VIII peraih medali emas KSN SMP bidang Matematika, Siswa SMP/MTS kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.

b. Memiliki nilai Matematika (wajib dan peminatan) tidak kurang dari 80.

c. Peserta Didik yang pernah mengikuti pembinaan/ pelatihan nasional Tahap ke-1 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional pada tahun sebelumnya dapat langsung mengikuti KSN-P.

2. Fisika

a. Peserta didik SMP/MTs kelasIX, SMA/MA kelas X dan XI

b. Untuk peserta didik SMP/MTs memiliki nilai IPA, Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80

c. Untuk peserta didik SMA/MA memiliki nilai Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80

d. Belum pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional tahap ke-2 bidang Fisika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

3. Kimia

a. Peserta didik SMP/MTs kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.

b. Memiliki nilai IPA untuk SMP/MTs tidak kurang dari 80.

c. Memiliki nilai Kimia untuk SMA/MA tidak kurang dari 80.

d. Memiliki nilai Matematika dan Bahasa Inggris tidak kurang dari 80.

e. Belum pernah mengikuti pembinaan/pelatihan nasional tahap ke-2 Bidang Kimia yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

4. Informatika/Komputer

a. Peserta didik SMP/MTs kelas VIII atau IX, SMA/MA kelas X atau XI.

b. Memiliki nilai Matematika (wajib dan peminatan) tidak kurang dari 80.

c. Belum pernah mengikuti pembinaan/pelatihan nasional Bidang Informatika/Komputer yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

5. Biologi

a. Peserta didik SMP/MTs kelas VIII atau IX, SMA/MA kelas X atau XI.

b. Memiliki nilai IPA dan Bahasa Inggris untuk SMP/MTs tidak kurang dari 80.

c. Memiliki nilai Biologi & Bahasa Inggris untuk SMA/MA tidak kurang dari 80.

d. Peserta didik hanya diperbolehkan mengikuti KSN maksimal sebanyak 2 kali.

6. Astronomi

a. Peserta didik SMP/MTs kelasIX dan peserta didik SMA/ MA kelas X dan XI.

b. Memiliki nilai IPA dan Bahasa Inggris untuk SMP/MTs tidak kurang dari 80.

c. Memiliki nilai Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80

d. Belum pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional bidang Astronomi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

e. Tidak buta warna yang dibuktikan dengan Surat Keterangan bebas buta warna dari dokter.

 f. Mampu melakukan kegiatan praktik di lapangan.

7. Ekonomi

a. Peserta didik SMA/MA kelas X dan XI.

b. Memiliki nilai Ekonomi, Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80.

c. Peserta didik yang pernah mengikuti pembinaan/pelatihan nasional dalam rangka seleksi kandidat IEO, apabila hendak mengikuti KSN, memulainya sejak KSN jenjang Kabupaten/Kota.

8. Kebumian

a. Peserta didik SMP/MTs kelas IX yang pada tahun berjalan KSN bulan Juni/Juli kelas X, SMA/MA kelas X dan XI

b. Memiliki nilai IPA atau IPS dan bahasa Inggris untuk SMP/MTs masing-masing tidak kurang dari 80.

c. Memiliki nilai Matematika, Fisika atau Geografi, dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80.

d. Peserta Didik yang pernah mengikuti pembinaan Tahap ke-1 tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional pada tahun 2021 dapat langsung mengikuti KSN-P.

e. Tidak buta warna dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari dokter. f. Mampu melakukan kegiatan praktik lapangan.

9. Geografi

a. Peserta didik SMP/MTs kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.

b. Peserta didik SMP/MTs yang memiliki nilai IPA , IPS atau Matematika dan Bahasa Inggris tidak kurang dari 80.

c. Peserta didik SMA/MA yang memiliki nilai Matematika atau Fisika, Biologi atau Geografi (wajib atau peminatan), dan Bahasa Inggris masing- masing minimal 80.

d. Belum pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional bidang Geografi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

e. Tidak buta warna dibuktikan dengan Surat Bebas Buta Warna dari dokter.

f. Mampu melakukan kegiatan praktik lapangan

SMA Negeri 7 Balikpapan untuk menyambut Kegiatan Ajang bergensi akademik KSN tersebut melakukan kiat-kiat menuju prestasi Kompetisi Sains Nasional tingkat Kota (KSN-K), KSN-Provinsi dan KSN-Nasional

Kegiatan Pertama mengadakan rapat persiapan Pemantapan Kompetisi Sains Nasional tingkat sekolah lebih dulu dengan koordinasi dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah,Guru pembina dan operator KSN, kegiatan ini dilaksanakan 14 Februari 2022.

Rapat Koordinasi Antara Kepala sekolah dengan Pembina KSN

Hasil rapat persiapan pemantapan KSN- K sebagai berikut : 1. Menyusun time schedule; 2. Menyeleksi peserta KSN-S setiap mapel 5 orang; 3. Melakukan pendaftaran peserta KSN secara online oleh operator tanggal 1 – 19 Maret 2022; 4. Mendownload dan mendistribusikan kisi-kisi/garis besar materi KSN; 5. Membuat peta konsep materi KSN oleh guru pembimbing; 6. Melaksanakan bimbingan intensif secara tatap muka; 7. Melaksanakan penggalian konsep materi, try out dan drill soal secara periodik dan intensif; 8. Melakukan kerja sama tutorial bimbingan dengan perguruan tinggi ITK dan Rumah KSN Palatos Indonesia 9. Menyiapkan sarana prasarana yang mendukung kelancaran KSN seperti labkom dan internet serta kelengkapan lainnya; 10. Mengoptimalisasi sumber anggaran dari BOS (pelatih dari luar, panitia dan transpor di luar jam kerja); 11. Menyelenggarakan kegiatan motivasi peserta KSN; 12. Membentuk time work yang solid untuk sukses KSN; 13. Menyelenggarakan evaluasi kegiatan secara periodik; dan 14. Membudayakan doa dan istighosah.

Koordinasi antara Pembina dan Tim KSN-S

Kegiatan kedua seleksi tim KSN-S masing-masing Mata pelajaran dilaksanakan mulai tanggal 15- Februari s.d 4 Maret 2022. Diperoleh data-data tim KSN-S antara lain:Kegiatan ketiga menyelenggarakan motivator buat tim KSN-S semua Mata pelajaran dan guru pembina yang dilaksanakan tanggal 11 Maret 2022 jam 13.00 tempat di Laboratorium Komputer 4 dengan nara sumber dari Tim Pembina KSN SMAN 1 Balikpapan antara lain Bpk. Nafik Doni Agustan,ST,S.Pd, Ibu Marjiyati Nugrahani,S.Si,M.Pd dan Bu Wulan Kristanti,M.Pd. dengan tema kiat-kiat Sukses Menuju KSN-K,KSN-P dan KSN-N

Tim Motivator KSN
Suasana Kegiatan Motivasi Kiat-kiat Menuju KSN-P dan KSN-N

Kegiatan Kempat, untuk mendukung pembinaan dan memperluas pengetahuan dan demi suksesnya cita-cita bersama warga SMA Negeri 7 Balikpapan untuk menjadi sang juara, maka perlu pengadakan Buku-buku Kompetisi Sains Nasional (KSN) oleh sekolah

Guna untuk mendukung perkembangan tim KSN dan pembina untuk lolos ke tingkat Nasional.

Kegiatan kelima Melakukan pembinaan tim KSN-S tanggala 1 Maret s.d 10 Mei 2022 dengan beberapa pembina (1) Pembinaaan dengan guru pembina SMA Negeri 7 Balikpapan dengan jadwal yang ditentukan oleh guru Pembina, (2) pembinaan dari Institut Teknologi Kalimantan (ITK) pada bidang KSN Kebumian dan Fisika dari hasil MOU antara SMAN 7 Balikpapan dengan ITK pada tanggal 17 Januari 2022 kegiatan pembinaaan dilaksanakan setiap Jumat sore dan (3) Pembinaan oleh Rumah KSN Palatos Indonesia yang dilaksanakan setiap sabtu mulai jam 08.00-13.00 Wita.

Kegiatan Keenam, memberikan dukungan berupa fasilitas Laptop untuk menunjang kegiatan pelatihan atau pembinaan kepada tim KSN masing-masing sebanyak 9 unit Laptop

Penyerahan Peminjaman Laptop oleh Koordinator KSN pada Tim KSN Kebumian

“Usaha dan doa harus seiring sejalan demi sukses kegiatan KSN. Semoga kesehatan, kelancaran, kemudahan dan keberkahan senantiasa tercurah untuk  Guru Pembina , tim KSN dan keluarga besar SMA Negeri 7 Balikpapan. Aamiin.” tutur Muryanto,S.P,M.Pd

(Redaksi Kepsek-Smanjubpp)

“SAATNYA PRAJURIT KSN SMANJU MENUNJUKKAN PRESTASINYA” – Situs Web SMAN 7 Balikpapan
Preaload Image

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *